Struktur Kurikulum

PROGRAM DOKTOR

Kurikulum Program Studi Doktor Sains Kebumian ini disusun berdasarkan Body of Knowledge yang telah dirumuskan yakni memberikan landasan keilmuan yang kokoh untuk menyelesaikan permasalahan IPTEK kebumian dengan pemikiran kritis dan memberikan kemampuan menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEK secara umum serta cukup memberikan dasar untuk program studi Doktor Sains Kebumian.

Untuk menghasilkan lulusan doktor yang memenuhi kriteria dan kompetensi yang telah ditetapkan maka program Doktor Sains Kebumian perlu didukung dengan kuliah–kuliah yang menunjang pengembangan metode penelitian geosains, seperti tercantum dalam kurikulum.
Body of Knowledge program Doktor Sains Kebumian dapat dibagi menjadi bagian–bagian utama sebagai berikut:
1. Kuliah–kuliah sains kebumian yang mendukung pengembangan metode penelitian dalam bidang Oseanografi, Sains Atmosfer dan Seismologi.
2. Penulisan proposal yang berisi kajian penelitian sebelumya, metode penelitian, hasil penelitian, yang diharapkan dan daftar rujukan.
3. Pengembangan metode, percobaan/survey dan analisis hasil–hasil pengolahan data.
4. Publikasi yaitu penulisan hasil–hasil penelitian yang didesiminasikan melalui seminar atau jurnal.
5. Penyusunan disertasi yang merupakan penulisan hasil penelitian secara komprehensif dan/atau rangkuman publikasi yang didesiminasikan.
6. Ujian disertasi sebagai tahapan akhir Program Doktor Sains Kebumian.