Persyaratan Calon Mahasiswa

Untuk dapat mengikuti Program Studi Doktor Sains Kebumian dengan baik, calon mahasiswa perlu memiliki latar belakang pendidikan setara magister dengan kemampuan yang baik dalam bidang sains kebumian (sains atmosfir, oseanografi, seismologi/geofisika), matematika, dan fisika.

Persyaratan Utama

Persyaratan utama untuk dapat diterima sebagai Mahasiswa Program Studi Doktor Sains Kebumian adalah sebagai berikut:

  1. Telah memiliki gelar magister dalam bidang sains kebumian (sains atmosfir, oseanografi, seismologi/geofisika) atau yang relevan.
  2. Memiliki IP kumulatif program magister sekurang-kurangnya 3,25.
  3. Menunjukkan kemampuan TPA (tes potensi akademik) dengan nilai minimum 475.
  4. Berkemampuan dalam bahasa Inggris yang ditunjukkan oleh skor TOEFL minimum 475, yang setara dengan skor ELPT minimum 77.
  5. Mendapat rekomendasi dari calon Pembimbing Utama dari Program Studi Doktor Sains Kebumian.

Kelengkapan

Persyaratan-persyaratan tersebut harus diajukan dengan mengisi formulir yang disediakan oleh SPS ITB dan dikembalikan rangkap 2 (dua) (1 asli + 1 copy ) beserta lampiran lain berupa :

  1. Salinan Ijazah S2 yang telah dilegalisir (lulusan luar negeri harus ada penyetaraan dari DIKTI).
  2. Transkrip Akademik S2 yang sudah dilegalisir.
  3. EPT ITB / TOEFL Internasional Asli + Copy.
  4. Hasil test TPA.
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  6. Foto berwarna 4 cm x 6 cm (klise terbaru) 3 lembar.
  7. Foto Copy Karpeg, atau SK Pengangkatan PNS, SK Pengangkatan Dosen Tetap dari Yayasan (jika pelamar dosen PTS) yang telah mempunyai NIP yayasan serta telah memiliki angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100 (bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS).

Berkaslamaran beserta lampiran-lampirannya dimasukkan ke dalam 2 (dua) map terpisah dan selanjutnya disampaikan sendiri ke Gedung Annex, Lantai I, Loket 5 dan 6, Jalan Tamansari No. 64 Bandung – 40116 atau melalui Pos ke alamat :
Dekan Sekolah Pascasarjana
Institut Teknologi Bandung,
Gedung Annex, Lantai I, Loket 5 dan 6
Jalan Tamansari No. 64 Bandung 40116
Informasi mengenai pendaftaran selengkapnya dapat diperoleh dari situs Sekolah Pascasarjana ITB: http://www.pps.itb.ac.id atau e-mail: info_s3@ pps.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TOEFL/ELPT dan TPA tetap dapat mengajukan lamaran menjadi calon mahasiswa, sehingga dapat dievaluasi kelayakan akademiknya, dan kedua sertifikat tersebut dapat disusulkan sebelum pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan. Untuk keperluan tersebut, ITBbekerja sama dengan UPP-TPA Bappenas menyelenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) dikampus ITB. Informasi lebih lanjut mengenai TPA dapat dilihat pada website : http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.

Setelah berkas pendaftaran lengkap, maka selanjutnya adalah proses penerimaan calon mahasiswa program doktor dilakukan dalam dua tahap:

Tahap Pertama:

Proses seleksi di tahap ini dilakukan di tingkat Program StudiDoktor Sains Kebumian oleh suatu Tim Seleksi yang diketuai oleh Ketua Program Studi. Anggota Tim Seleksi terdiri dari dosen-dosen yang mewakili bidang sains atmosfir, oseanografi, dan seismologi. Dalam proses seleksi ini calon mahasiswa dihadirkan untuk dilakukan wawancara. Tim Seleksi akan mengevaluasi:
a. Kesesuaian latar belakang pendidikan calon mahasiswa.
b. Kesesuaian nilai minimum syarat bahasa Inggris dan TPA.
c. Menelaah surat rekomendasi yang disertakan.
d. Proposal riset yang akan diajukan oleh calon mahasiswa. Penggalian informasi tentang proposal riset dan pengalaman riset calon mahasiswa dilakukan dengan cara wawancara.

Hasil seleksi oleh program studi dilaporkan kepada Komisi Program Pascasarjana (KPPS) FITBuntuk memperoleh rekomendasi penerimaan atau penolakannya ke Sekolah Pascasarjana.

Tahap Kedua:
Berdasarkan rekomendasi Dekan Fakultas/Sekolah, Komisi Sekolah Pascasarjana (KSPS) memeriksa kembali rekomendasi dan memutuskan status lamaran calon, untuk memperoleh persetujuan Rektor ITB. Atas nama Rektor ITB, selanjutnya Dekan Sekolah Pascasarjana menerbitkan surat penerimaan atau penolakan terhadap lamaran ke masing-masing pelamar calon mahasiswa program doktor ITB.

Syarat Khusus Program Doktor
Dapat dilihat dan diunduh di : www.sps.itb.ac.id
TPA : 525 /
TOEFL : 500/ ELPT : 100