Fasilitas

Ruang Kerja dan Fasilitas yang disediakan

Program Studi Sains Kebumian menyediakan meja kerja untuk para mahasiswa yang ditempatkan di laboratorium-laboratorium yang sesuai dengan bidang penelitian disertasi mahasiswa. Disamping di masing-masing laboratorium, mahasiswa juga disediakan ruang bersama untuk kerja, belajar dan diskusi. Dengan demikian seluruh mahasiswa program doktor memperoleh fasilitas meja kerja yang memadai. Fasilitas internet untuk mahasiswa doktor di Program Studi Sains Kebumian cukup memadai. Hampir semua ruangan memiliki akses internet. Access point (WiFi) telah disediakan di semua lokasi guna menunjang kebutuhan internet para mahasiswa doktor dan sivitas akademika. Selain itu beberapa komputer personal (PC) yang terhubung dengan jaringan internet (via kabel LAN) juga disediakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak memiliki komputer portabel (laptop).

Secara umum pada dasarnya ITB telah menyediakan jaringan komputer yang menghubungkan seluruh gedung yang ada di ITB dengan bandwidth total ke Internet lebih dari 10 MBps dan ukuran jaringan antar gedung sebesar 1Gbps. ITB juga tergabung dalam Inherent (Indonesian Higher Education Network) yaitu jaringan cepat antar perguruan tinggi. Hal ini memudahkan mahasiswa untuk mengakses sistem informasi di universitas lain (perpustakaan, digital library, dll.). Selain itu, disediakan pula berbagai fasilitas yang terkait dengan akses Internet, antara lain penyediaan email universitas untuk dosen dan mahasiswa, akses penuh ke jurnal-jurnal terkemuka seperti yang diterbitkan oleh Elsevier dan akses-akses lainnya.

P_20150430_123057_BF

Meja Diskusi Mahasiswa Sains Kebumian

Selain itu, ITB telah memiliki beberapa gateway akses internet berkecepatan tinggi, yaitu: (1) Asian Internet Interconnection Initiatives (AI3), yang menggunakan link satelit C-Band dengan Bandwidth keseluruhan 11 Mbps yang tersambung ke Yokohama, Jepang, (2) Trans-Eurasia Information Network phase 2 (TEIN2), yaitu menggunakan link fiber optik yang tersambung ke Point of Presence (POP) TEIN2 di Singapura dengan badnwidth 45 Mbps. Link ini menyambungkan ITBdengan dua jaringan perguruan tinggi terbesar di dunia yaitu di Eropa dan di Amerika Serikat, dan (3) Beberapa penyedia jasa internet (PJI) di dalam negeri seperti: Indosat (768 Kbps), Jalawave (45 Mbps), Melsa-net (384 Kbps) dan Indonesia Internet Exchange (IIX) melalui Jalawave (8 Mbps). Dengan dukungan fasilitas internet yang disediakan oleh ITB, PS S3 Sains Kebumian ITB siap berkolaborasi dalam hal pengembangan riset dan kerjasama dengan rekan universitas dan institusi di seluruh dunia.

P_20150430_123045_BF

Ruang Kerja dan Penyediaan akses PC, Internet, dan printing di Prodi Sains Kebumian

 

Penyediaan loker bagi mahasiswa aktif Program Doktor maupun Magister telah dilakukan agar mahasiswa dapat menaruh perlengkapan dan keperluannya dengan mudah dan aman.

P_20150430_123159_BF

Loker yang disediakan untuk mahasiswa aktif Program Doktor dan Magister

 

Ruang Kuliah, Laboratorium, dan Perpustakaan

Program Studi Sains Kebumian memiliki beberapa ruang kuliah yang dapat menampung total mahasiswa Program Magister maupun Doktor. Kegiatan akademik mahasiswa ditunjang dengan disediakannya beberapa Laboratorium untuk opsi keilmuan masing-masing beserta fasilitas-fasilitas yang disediakan dapat diakses oleh mahasiswa. Laboratorium yang dimiliki oleh Sains Kebumian diantaranya adalah Laboratorium Analisis, Laboratorium Komputer, Labrotaorium Oseanografi Pantai, Laboratorium Oseanografi Regional dan Global, Laboratorium Oseanografi Lingkungan, Laboratorium Seismik, Laboratorium Non-Seismik, dan Laboratorium Klimatologi. Selain itu, Program Studi Sains Kebumian menyediakan Lapangan Observasi Meteorologi bagi Opsi Keilmuan Sains Atmosfer.

Cirrus-069_edit

Ruang Kuliah Program Studi Sains Kebumian

IMG_9831

Lapangan Observasi/Taman Alat Meteorologi

Program Studi Sains Kebumian juga menyediakan perpustakaan prodi yang bersamaan dengan Program Studi Sarjana Meteorologi dan Oseanografi. Koleksi perpustakaan Program Studi Sains Kebumian sangat menunjang keperluan akademik mahasiswa, baik dalam bentuk buku teks, CD, karya ilmiah, jurnal, dll.

Cirrus-066_edit

Perpustakaan Program Studi Sains Kebumian